Kenapa Ujian SIM di Indo vs Taiwan Lebih Sulit di Indonesia?

Last updated on:

Kenapa Ujian SIM di Indo vs Taiwan Lebih Sulit di Indonesia? – Berikut ini sebuah penjelasan mengenai viralnya video ujian SIM motor antara Indonesia dengan Taiwan di medsos yang terlihat lebih sulit di Indonesia.

Sebagai informasi yg di video bawah itu adalah ujian praktek SIM untuk pengendara motor berkapasitas tidak lebih dari 50cc di Taiwan sana.

Bisa dilihat di link berikut ini : https://www.taiwannews.com.tw/en/news/2862845

Kalo ada yg nanya kenapa ujian SIM yg di Taiwan itu kelihatannya kok gampang banget karena emang motor 50cc itu sangat gampang dikendarai, bodinya enteng, tenaganya kecil, digas pol juga larinya nggak bisa lebih dari 50km/h, nggak enak buat jarak jauh juga.

Yang make motor 50cc di sana kebanyakan adalah kaum pemula yang baru boleh naik motor atau emak-emak yang pergi ke pasar.

Makanya ujian SIM nya juga dibikin gampang. Misal orang sono pengen naik motor metik/batangan bermesin 125-150an cc macam di sini ya mesti ikut ujian SIM yg jalan zigzag kayak di sini juga dan jenis SIM nya juga beda (di sono SIM motor dibikin berjenjang berdasarkan kapasitas/power mesinnya).

Sedangkan di negara kita (dan beberapa negara lain) ada yang bilang kalo motor yg nggak lebih dari 50cc nggak wajib pake SIM (meskipun perlu konfirmasi ke aparat terkait soal aturan yg benernya gimana).

Cuma masalahnya motor 50cc kayak gitu nggak laku di sini karena larinya pelan,., tenaganya payah, buat bawa barang atau boncengan juga nggak enak. Motor 50cc cuma menang di iritnya doang.

Makanya motor yg dipake di sini kebanyakan bermesin 110-150an cc karena powernya lebih mendingan tapi masih bisa diajak irit.

Sedangkan motor 50cc di sini kebanyakan dijual dalam format minimoto atau semacamnya yg biasanya dipake sama anak kecil yg mau belajar balap sama kaum hobi.

Hampir Seluruh Negara Ujian SIM Seperti Indonesia

Nah kalo soal kenapa ujian SIM di negara kita mesti dibikin jalan zigzag dan semacamnya (padahal di jalan raya nggak ada yg begitu) itu karena di berbagai negara standar ujian SIM yg umum dipake emang seperti itu, mesti jalan zigzag dan ngelewatin obstacle.

Tujuannya untuk menguji keterampilan berkendara di berbagai kondisi.,. Idealnya kan pengendara emang harus siap dengan segala situasi terburuk yg mungkin terjadi ketika di jalan.

Jadi salah kalo kita mengkritik aparat kenapa ujian SIM dibikin sesulit itu padahal harusnya di jalan raya nggak ada yg kayak begitu.

Yg perlu dikritik dari aparat kita adalah kenapa saat ujian SIM kita dituntut untuk langsung berhasil dalam satu kali percobaan (kalo gagal mesti ujian lagi beberapa minggu kemudian) padahal kita nggak pernah dikasih training dan latihan yg layak oleh sebelumnya?.

Itu sama kayak orang tua yg menuntut anaknya buat jadi insinyur/profesor yg jenius,., tapi giliran orang tuanya disuruh buat nguliahin anaknya dia nggak mau dengan berbagai alasan (kayak nggak punya duit dan lain-lain). Si anaknya itu yg disuruh buat nyari jalan keluar sendiri sampe stress.

Padahal di beberapa negara maju ketika bikin SIM untuk pertama kali mereka dikasih sesi training dan latihan sampe berapa kali pertemuan sebelum akhirnya ikut ujian SIM beneran (itu juga masih tetep ada aja yg nggak lulus ujian SIM karena saking susahnya).

Cuma emang konsekuensinya kalo dibikin ada sesi training kayak gitu biaya pembuatan SIM nya akan jauh lebih mahal, sama waktu pemrosesan SIM nya juga jadi lebih lama.

Tulisan ini merupakan sebuah komentar di grup Komunitas CS Facebook dari Salah satu rakjel yang membantu meluruskan informasi yang beredar mengenai mengapa ujian SIM motor antara Indonesia dengan Taiwan yang terlihat lebih sulit di Indonesia?

Rate this post

Dapatkan update informasi seputar teknologi dan konten kreatif setiap hari dari Ngorbit.ID kamu bisa bergabung di Grup Telegram "NGORBIT.ID Wadah Digital Kreatif", caranya klik link https://t.me/ngorbit kemudian join. Kamu harus memiliki aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Editor Hai terima kasih udah mampir kesini, semoga konten yang kamu ulik disini bisa membantu dan bermanfaat. Bila rindu bisa balik kesini lagi :)
Admin Ngorbit Editor
Editor Hai terima kasih udah mampir kesini, semoga konten yang kamu ulik disini bisa membantu dan bermanfaat. Bila rindu bisa balik kesini lagi :)