15 Cara Merawat Bayi Kucing Tanpa Indukan

Last updated on:

15 Cara Merawat Bayi Kucing Tanpa Indukan – Bagi pecinta hewan lucu ini, terkadang kita akan berjumpa dengan bayi kucing di jalanan atau tempat sampah karena ulah oknum tidak bertanggung jawab yang membuangnya.

Karena naluri kepedulian kepada kucing, tentunya kita akan tidak tega melihat mereka sendiri tanpa ada induknya, entah memang kucing jalanan yang melahirkan induknya mati atau sengaja oknum membuang hanya bayi kucing saja.

Sungguh keprihatinkam, bagaimana nasib bayi kucing apalagi yang baru dilahirkan.

Bayi kucing yang baru dilahirkan pastinya membutuhkan induk untuk menyusui anak-anaknya.

Jika Induk sudah tidak ada, kemungkinan nasib kucing adalah tidak terurus dan bisa mati karena tidak mengkonsumsi asupan gizi atau makanan dari siapapun.

Cara Merawat Bayi Kucing Tanpa Indukan

Untuk itu, apabila kamu tidak sengaja menemukan bayi kucing dan ingin meng-adob nya. Kamu bisa simak tips saat akan merawat anak atau bayi kucing.

Bila menemukan bayi kucing tanpa indukan perhatikan hal berikut ini:

  1. Sebisa mungkin jangan dikasih susu GROWSSY atau susu kucing apa pun yang harga 5000 ya, karena di kebanyakan kasus kucing akan mencret. Bayi kucing kalo sudah mencret susah benerinnya dan berisiko mati.
  2. Alternatif susu:
    a. Susu kucing Royal Canin
    b. Susu kucing PetAg
    c. Susu kucing Top Growth
    d. Susu manusia SGM LLM
    e. Susu manusia Bear Brand
    f. Susu Kambing murni
  3. Kalo sudah cocok susunya (pup tidak mencret), jangan diganti ya susunya.
  4. Kasih alas kain yang tebal supaya hangat.
  5. Kalo ada boneka atau karpet berbulu untuk pengganti bulu induk.
  6. Menyusui posisi kaki bayi di bawah ya (tengkurap), jangan posisi kaki di atas (telentang), utk mencegah tersedak.
  7. Kalo memberikan susu pake spet (suntikan 1 ml), spetkan dari arah samping mulut ya, bukan dari arah depan.
  8. Upayakan suhu tubuh bayi tetap hangat.
  9. Sediakan Pedialyte (oralit utk bayi) di rumah. Kalo bayi MULAI mencret, bisa spetkan pedialyte 2-3 ml.
  10. Kalau mencret semakin parah, segera bawa ke dokter hewan.
  11. Masukkan botol aqua yg sudah diisi air hangat dan dibungkus kain tipis, utk diletakkan dekat si bayi kucing, supaya mereka tidak kedinginan atau bisa juga dikasih lampu pijar (bukan LED) 5 Watt (supaya tidak kedinginan). Kalo adanya yg 15 Watt, posisi lampu agak dijauhkan, supaya tidak terlalu panas.
  12. Setelah kenyang minum susu, usap-usap lubang kemaluan bayi kucing dengan kapas yang telah direndam air hangat, utk merangsang mereka pipis dan BAB (sebagai pengganti jilatan induknya).
  13. Setelah menyusui tepuk tepuk punggung bayi dengan lembut sampai dia sendawa. Ini penting banget untuk mencegah bayi muntah kekenyangan ketika tidur dan mati tersedak.
  14. Jika kondisi bayi mendadak lemas atau drop, spetkan air gula atau pedialyte. JANGAN DIKASIH SUSU karena pada saat kondisinya drop, badannya tidak bisa mencerna susu.
  15. Jika suhu badan bayi mendadak turun, peluk bayi di dada kiri kita (posisi jantung) dan biarkan langsung kontak dengan kulit kita. Irama detak jantung kita akan menenangkan bayi dan suhu badan kita akan membantu menaikkan suhu badan bayi.

Tips diatas kami lansir dari perkumpulan kucing domestik Bandung.

Sekian semoga kita bisa menyayangi makhluk kecil lucu cipataan Tuhan ini dengan sepenuh hati.

Baca Juga: Instagram Menambah Fitur Baru Auto-Caption Pada Story

Dan siapapun yang peduli dengan kucing terlantar atau jalanan, semoga selalu dilancarkan rezekinya dan disehatkan seluruh anggota keluarganya. Amin..

Dapatkan update informasi seputar teknologi dan konten kreatif setiap hari dari Ngorbit.ID kamu bisa bergabung di Grup Telegram "NGORBIT.ID Wadah Digital Kreatif", caranya klik link https://t.me/ngorbit kemudian join. Kamu harus memiliki aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Editor Hai terima kasih udah mampir kesini, semoga konten yang kamu ulik disini bisa membantu dan bermanfaat. Bila rindu bisa balik kesini lagi :)
Admin Ngorbit Editor
Editor Hai terima kasih udah mampir kesini, semoga konten yang kamu ulik disini bisa membantu dan bermanfaat. Bila rindu bisa balik kesini lagi :)